Rabu, 08 Juli 2009

(Ebook) Kenneth B. Pyle - Generasi Baru Jaman Meiji: Pergolakan Mencari Identitas Nasional (1885-1895)

Back Again!

Bro n sis, ni ada buku sejarah Jepang. Pengen ngerti gimana Jepang bisa semaju sekarang? Tapi kok mereka masih mempertahankan kelestarian budayanya ya? Mari baca dulu cuplikannya.

Kemajuan yang dicapai Jepang dewasa ini mungkin tak terbayangkan seratus tahun yang lampau, tatkala dimulainya Restorasi Meiji. Semenjak restorasi tersebut mulailah kebudayaan Barat masuk dan berpengaruh di Jepang.

Melalui buku ini Kenneth B. Pyle memaparkan berbagai pro dan kontra di kalangan masyarakt Jepang terhadap masuknya pengaruh Barat tersebut. Di satu pihak mendukung masuknya pengaruh Barat tersebut, dan mengusahakan agar kebudayaan Barat mewarnai sepenuhnya kebudayaan Jepang. Di pihak lain masih tetap melihat pentingnya pengaruh kebudayaan tradisional Jepang dalam membentuk pribadi bangsa.

Buku ini sangat bermanfaat dalam menunjukkan tindakan yang dilakukan suatu bangsa, dalam hal ini bangsa Jepang, untuk membentuk identitasnya pada saat pengaruh Barat mulai turut mewarnai pola kehidupan bangsanya. Ditunjukkan pula dalam buku ini keberhasilan Jepang menemukan identitasnya, dan menjadikannya modal utama untuk meraih kesuksesan di masa kini.

Generasi Baru Jaman Meiji


Tidak ada komentar: