Jumat, 10 April 2009

(Ebook) Christine Daymon & Immy Holloway - Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications

Bro n sis, buku satu ini pastinya akan sangat berguna buat kamu-kamu mahasiswa komunikasi atau ekonomi, praktisi humas dan periklanan, serta para manajer brand. Mo dipake buat bikin skripsi, bisa. Mo dipake untuk tujuan praktis, bisa juga dong. Langsung aja deh aku copas sinopsisnya.

Riset kualitatif memegang peranan penting sekaligus potensi besar dalam studi hubungan masyarakat serta komunikasi pemasaran. Sebab, riset kualitatif memungkinkan periset untuk terlibat secara erat dengan partisipan riset. Hal ini membantu periset untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses sosial, faktor-faktor yang memotivasi tindakan manusia, serta konteks situasi yang melingkupinya. Kepedulian terhadap hal-hal tersebut membantu studi hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran. Salah satunya untuk mengenali sudut pandang subjektif, terutama yang berlaku pada stakeholders kunci, demi mengembangkan dialog yang efektif dan kolaboratif.

Buku ini adalah panduan yang praktis serta mudah dipahami untuk melakukan riset kualitatif dalam bidang hubungan masyarakat dan komunikasi pemasaran. Diperuntukkan bagi periset pemula, buku ini memerinci tahap demi tahap proses riset, mulai dari memilih topik riset dan menulis proposal, sampai metode menyeleksi kumpulan data dan menganalisis, kemudian menuliskan laporan riset. Buku ini juga diperkaya dengan renungan-renungan etis yang senantiasa menjadi perdebatan sekaligus pijakan periset. Selain itu, perbedaan-perbedaan orientasi dalam riset juga dipetakan, karena masing-masing orientasi akan memiliki dampak yang berbeda pula terhadap bagaimana riset dijalankan dan dimengerti.

Apa saja yang dikandung dalam buku ini?

* panduan praktis dalam setiap tahap riset
* latar belakang teoretis yang berkaitan dengan riset kualitatif serta komunikasi
* petunjuk dalam menggunakan internet
* contoh-contoh dan ilustrasi yang renyah dan membantu pemahaman
* ilham dari pengalaman-pengalaman riset kualitatif
* glosarium dan referensi yang kaya

Metode-Metode Riset Kualitatif dalam Public Relations & Marketing Communications


Tidak ada komentar: