Sabtu, 20 Desember 2008

Sebuah Penantian Panjang Mendapatkan Koneksi Kembali

Bro n sis, alhamdulillah hari ini koneksi internetku udah lancar lagi. Fiuh, sebulan lebih ga konek. Ga bisa posting, donlot apalagi. Kalo browsing sih ya untung masih ada GPRS meski harus melotot di layar hape 1.8 inci. Itu aja koneksi come n go. Tapi ngga pa pa, daripada tulalit ga ada update informasi.

Mulai pertengahan bulan lalu kan koneksi dah mulai ga beres. Kadang bisa, kadang ngga ada tanda-tanda kehidupan. Untung aja sisa jatah kuotaku tinggal 20 mega jadi ga rugi-rugi amat. Tapi pas memasuki pergantian bulan, nyoba nelpon 147 eh seperti diping-pong. Dah deh, daripada menunggu sesuatu yang ngga pasti, langsung ke tempatnya aja langsung.

Modem kubawa ke Telkom Pugeran karena di sanalah tempat pengaduan gangguan Sepeda se-Jogja. Dicek, kesimpulannya modem idup. Kecurigaan kemudian dialamatkan ke jaringan Telkom. Ya udah, aku bersabar menanti perbaikan jaringan.

Tunggu punya tunggu, jadi kesel juga ni. Kok ngga ada kabar samasekali? Akhirnya kuhubungi teknisi yang dulu melakukan instalasi, Andi namanya. Dia datang ke rumah dan modem dicek hidup. Pas coba konek, kode error yang terbaca adalah 678 yang artinya tidak ada respon dari jaringan. Dia juga bilang daerah sebelah barat tempat tinggalku mengalami masalah yang sama. Ya udah, lagi-lagi nunggu nasib aja.

Sekitar tiga hari kemudian, aku kontak dia lagi karena koneksi belum jalan. Menurut pengakuannya, jaringan sudah diperbaiki. Lembur ampe jam 11 malam kata dia. Coba punya coba eh kok masih error 678. Aku sih dah mulai mikir mo cerai ma Sepeda kalo ampe menjelang akhir bulan masih ga konek. Billing Telkom kan ga mau tau. Kalo kita langganan, mo dipake pa ngga kan harus bayar. Daripada bayar buat sesuatu yang ngga dipake kan lebih baik disudahi saja, begitu pikirku.

Tadi Andi datang ke rumah. Dia coba pake modem lain. We la da lah, si Sepeda konek lagi. Berarti emang modem bundel subsidi berharga 99rb itu yang troble. Karena dah habis garansi, ya mau ngga mau harus beli modem baru karena kata dia modem lama ngga bisa diperbaiki. Dia nawarin aku tuk coba balik ke Telkom Pugeran. Siapa tahu di sana jual modem. Tapi kupikir-pikir, mendingan beli sendiri di luar aja deh. Aku sama sekali ngga ada maksud memandang sebelah mata modem Sepedanya Telkom lho. Alasanku yang lain yaitu kalo ke sana masih nanti hari senin. Males banget lah apalagi Jogja masih sering hujan.

Akhirnya setelah baca-baca koleksi brosur pameran komputer, kuteleponlah toko-toko yang jual modem ADSL buat survei harga. Wew, karena dolar naek sampe level Rp 11450 (versi Kaskus hari ini), harga dalam rupiah otomatis melambung. Kukais-kais sisa duitku dan pergi menebus tu barang. Yah, moga aja modem baru berchipset Broadcom ini bisa awet dan stabil. Amin.


PS: sharing link ebooknya lanjut lagi mulai besok. Lagi ngga mood nih. Timnas Indonesia kalah 2-1 dari Thailand.


Tidak ada komentar: