Selasa, 17 Februari 2009

(Ebook) William Ury - Kekuatan Kata Tidak

Pertama baca judulnya aku nebak ni ebook adalah tentang motivasi. Wah, dah males duluan nih soalnya isinya paling gitu-gitu aja. Tapi lho kok, prediksiku meleset yach?

Ebook ini ternyata membahas kata TIDAK dalam pengertian positif. TIDAK diucapkan untuk memperoleh YA. Duengg.. Bingung kan? Intinya adalah tentang kemampuan dalam bernegosiasi dengan orang lain. Mengatakan TIDAK ternyata juga merupakan sebuah seni sehingga TIDAK yang kita ucapkan artinya YA bagi lawan bicara kita.

Contohnya gini: kamu lagi capek banget karena seharian beraktivitas. Yang kamu inginkan sekarang adalah tidur. Tapi tiba-tiba ada sahabat karibmu yang datang minta dianter ke suatu tempat. Wah, gimana yach cara nolaknya? Tenang aja, ebook ini akan ngasih tau kamu buat menolak permintaan temenmu tanpa melukai perasaannya.

Keterampilan berkomunikasi akan sangat diuji dalam kondisi-kondisi tabrakan kepentingan seperti itu. Selain "what so say" kita juga harus mikirin "how to say"-nya. Inilah yang perlu kita pelajari. Jangan sampai kita mengatakan YA tapi dalam lubuk hati terdalam sebenernya kita menginginkan kata TIDAK.

Kekuatan Kata Tidak


Tidak ada komentar: